Tips Keuangan Bagi Yang Baru Berpenghasilan
credit image Unsplash

Menjadi muda adalah kesempatan emas yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Ada banyak hal yang bisa dilakukan pada masa muda, namun hal tersebut sering kali tidak dimanfaatkan oleh mereka yang masih muda tersebut.

Usia 20an hingga 30an adalah usia keemesan yang akan menentukan bagaimana hidup kedepannya nanti. Tidak sedikit orang yang menyesali hidupnya saat ini karena tidak dapat memanfaatkan usia keemesannya tersebut dengan baik. Mulai dari tidak produktif hingga melakukan kesalahan bisa menjadi penyebabnya.

Salah satu kegagalan umum yang sering terjadi adalah masalah finansial. Finansial adalah hal fundamental dalam hidup yang harus dipelajari dengan baik. Sayangnya, di Indonesia, pengetahuan tentang finansial masihlah belum cukup umum. Meski begitu, dengan kemajuan internet seperti saat ini, ada banyak hal khususnya tentang pengetahuan finansial yang bisa dicari dengan mudah.

Kali ini, kami akan memberikan tips keuangan bagi yang baru berpenghasilan nih sobat muda-mudi. Apa saja sih yang harus dilakukan untuk mengelola uang yang didapat sehingga tidak habis begitu saja.

Belajar mengendalikan diri

Saat ini, untuk membeli sesuatu sangatlah mudah. Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi cenderung membuat orang terjebak dalam gaya hidup yang boros.

Mau makan, tinggal buka aplikasi, bayar secara online, lalu makanan diantar. Mau beli baju? celana? buka aplikasi, bayar secara online, barang tersebut pun diantar. Sungguh kemudahan yang sangat menyenangkan memang. Hanya rebahan, sudah bisa membeli ini itu hanya melalui smartphone.

Dibalik kemudahan ini, kita harus belajar untuk mengendalikan diri. Apakah sesuatu yang kita beli tadi benar-benar bermanfaat untuk kita? apakah kita benar-benar membutuhkannya? atau ternyata kita hanya menginginkan hal tersebut sesaat.

Jika kamu ingin mencoba mengendalikan diri, cobalah untuk memasukkan barang yang kamu beli di toko online tersebut ke keranjang. Setelah itu, tunggu kira-kira 5-10 menit saja dan pikirkan baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk membayar barang tersebut. Gunakan 5-10 menit saja untuk berpikir dan mengendalikan diri, niscaya kamu bisa mendapatkan jawaban; apakah produk tersebut memang pantasa dibeli atau tidak.

Ketahui kemana uang yang kamu habiskan

Pasti banyak diantara kamu yang bingung kemana saja uang yang kamu dapatkan habis begitu saja. Padahal, bisa jadi memang gaya hidup kamu yang terlalu boros dan kamu tidak sadar jika sudah membeli ini itu yang sifatnya hanya memberikan kesenangan sesaat.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kamu mencatat pengeluaran harian kamu. Saat ini sudah banyak aplikasi untuk mencatat pengeluaran yang bisa kamu dapatkan secara gratis baik di Play Store maupun App Store.

Lakukan pencatatan secara rutin, dari sini kamu bisa mendapatkan catatan pengeluaran rutin dan mempelajarinya. Manfaatkan catatan ini untuk melakukan pelacakan uang yang kamu habiskan kemana saja.

Sisihkan penghasilan untuk dana darurat

Apakah kamu sudah menyisihkan penghasilan untuk dana darurat? jika belum, segeralah untuk menyisihkan beberapa persen dari penghasilan yang kamu dapatkan untuk dana darurat.

Seperti namanya, kamu hanya boleh menggunakan dana ini disaat waktu yang darurat saja. Jika memungkinkan, pisahkan rekening yang berbeda untuk dana darurat dan rekening untuk pengeluaran biasa.

Dengan menyisihkan beberapa persen penghasilkan kamu ke dana darurat, ini akan membantu kamu untuk menggunakan uang tersebut ke hal yang tidak produktif dan akhirnya memiliki tabungan.

Sisihkan penghasilan untuk uang pensiun

Selain menyisihkan untuk dana darurat, kamu juga sebaiknya mulai mencicil untuk uang pensiun.

Dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk uang pensiun, ini sama saja dengan membangun bata demi bata untuk menjadi rumah pada masa depan nanti. Jika bisa melakukan hal ini di masa muda, maka masa tua atau pensiun kamu pun menjadi lebih aman dan nyaman.

Berbagi itu indah

Poin terakhir yang tidak kalah penting adalah, berbagilah kepada sesama. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari apa yang kamu dapat kepada keluarga atau orang yang memerlukannya. Ada hak orang lain dari setiap uang yang kamu dapatkan.

Dengan berbagi, kamu juga akan mendapatkan manfaat spiritual karean pada hakekatnya manusia adalah makhluk yang memerlukan ketenangan jiwa. Berbagi kepada sesama adalah salah satu cara untuk bersyukur dengan apa yang kamu dapatkan dan akan membuat jiwa menjadi tenang. Jika kamu memberi, kamu telah melakukan langkah yang sangat bijak di masa muda. Pertahankan itu selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here