Mencapai Kebebasan Finansial
Background photo created by freepic.diller - www.freepik.com

Mencapai kebebasan finansial barang kali menjadi banyak target khususnya bagi mereka yang masih di usia produktif. Kebebasan finansial adalah kemampuan ekonomi yang sudah ditahap bisa membiayai kebutuhan primer dan gaya hidup tanpa perlu memiliki penghasilan lagi.

Untuk setiap orang, tentu saja besaran dari kebebasan finansialnya berbeda-beda, ini juga tergantung bagaimana pengeluaran orang tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

Usia muda merupakan hal yang hanya terjadi sekali dalam seumur hidup dan pada usia muda pula-lah bagaimana yang kamu lakukan akan berdampak pada masa depan kamu nantinya. Jika kamu tidak memanfaatkan masa muda dengan sebaik mungkin, ini nantinya akan membuat penyesalan khususnya dalam hal finansial.

Jadi, mumpung masih muda yuk sobat muda mudi untuk membiasakan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membantu kamu bisa mencapai kebebasan finansial di masa pensiun. Apa saja kebiasaan tersebut?

1. Menentukan Tujuan Hidup

Menentukan tujuan hidup mungkin banyak disepelekan oleh sebagian orang. Meski begitu, menentukan tujuan hidup sangat penting dan jangan lupa untuk membuat rencana tujuan hidup pula dalam hal finansial.

Apakah kamu punya keinginan untuk memiliki rumah? memiliki kendaraan atau yang lainnya? jangan ragu untuk membuat daftar yang ingin kamu capai untuk tujuan hidup termasuk apa saja yang ingin kamu miliki.

2. Buat dan susun anggaran keuangan kamu

Ada baiknya kamu harus mulai membiasakan dalam menyusun anggaran keuangan kamu.

Coba catat daftar pengeluaran rutin seperti untuk bayar cicilan, sewa kontrakan atau pengeluaran rutin lainnya. Jika sudah membuat catatan pengeluaran, kamu bisa membandingkan dengan penghasilan yang kamu miliki, dan alokasian sisa tersebut misal untuk tabungan, dana darurat atau untuk investasi.

3. Bayar cicilan kartu kredit full

Jika kamu pengguna kartu kredit, kamu sebaiknya harus menghindari pembayaran tagihan dengan mencicil. Membayar tagihan kartu kredit dengan mencicil mungkin terlihat meringankan, tetapi ini sebenarnya adalah kemudahan palsu.

Jika kamu memang menggunakan kartu kredit, sebaiknya bayar tagihan kartu kredit secara penuh setiap bulannya. Dengan membayar penuh tagihan setiap bulannya, ini akan membuat kamu tidak membiasakan diri untuk menghutang.

4. Mulai investasi sekarang juga!

Orang-orang terkaya di dunia saat ini adalah mereka yang pastinya memiliki investasi. Investasi dapat dimulai sesegera mungkin dan ada banyak jenis investasi yang bisa kamu coba untuk mencari keuntungan.

Tentu saja, investasi disini bisa bersifat fisik maupun non fisik. Fisik yang dimaksud seperti kamu investasi saham, emas, tanah dan lainnya — sementara, untuk non fisik adalah seperti kamu berinvestasi seperti kuliah, belajar hal baru. Semakin cepat kamu ber-investasi, semakin cepat pula kamu mendapatkan manfaat!

5. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Kebiasaan yang tak kalah penting lainnya yang bisa kamu biasakan lainya adalah menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

Bagaimana mungkin kamu bisa mencapai segala hal kesuksesan finansial jika fisik dan mental kamu tidak berada dalam keadaan yang prima. Kamu harus menjaga kesehatan fisik maupun mental, dan ini akan menjadi bekal yang sangat berguna untuk mencapai segala yang kamu inginkan dalam hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here