Sederhana dan mendekati sempurna, begitu kesimpulan yang saya tarik saat mencoba mencari-cari di mana letak cela film ini. Sebuah hasil penyutradaraan apik oleh Herwin Novianto dan penampilan kembali aktor legendaris Indonesia Deddy Mizwar yang belakangan berfokus pada dunia politik.

Nonton Sejuta Sayang Untuknya Film di Disney+ Hotstar.

Tampilan yang Sederhana

A Million of Loves for You (2020) - IMDb
Secara kemasan, film ini tampil sederhana dengan kesan seimbang dan nuansa tenang dari awal hingga akhir film, sungguh mengingatkan saya pada film-film drama Jepang, sekali lagi apresiasi diberikan pada sinematografer senior Indonesia
Yudi Datau, beliau membawa gaya visual khas film-film produksi Demi Gisela Citra Sinema namun dengan warna-warna yang agaknya boleh dibilang lebih kekinian di beberapa adegan.

Presentasi film Sejuta Sayang Untuknya (2020) terbilang tepat dan cukup sesuai dengan ideologi ceritanya, menampilkan isu perjuangan seorang ayah berekonomi sederhana dengan visual yang sederhana pula. Andaikan film ini terlalu ditampilkan dengan eksplorasi visual yang berlebihan, mungkin hasilnya akan membuat penonton kehilangan ruh asli film ini, yaitu ceritanya. Bagi saya pribadi film ini seperti semangkuk sup yang terasa nikmat ketika semuanya terasa cukup, jumlah kuah yang cukup, jumlah isi yang cukup dan rasa yang pas, sederhana tapi nikmat.

Alur Cerita yang Dirajut Dengan Apik & Aktor-Aktor yang Tepat

Film Sejuta Sayang Untuknya mengisahkan hubungan kasih sayang antara ayah dan anak yang kadang tak selalu berjalan mulus.
Skenario buatan
Wira Putra Basri yang diolah dari ide cerita milik Amiruddin Olland menjadi hal terpenting yang film ini tawarkan. Pembangunan adegan-adegan yang ringan hingga berat, dengan pembawaan natural dan rinagn membuat film tak dapat dianggap remeh. Penampilan peran Syifa Hadju bersama Deddy Mizwar betul-betul menunjukkan intimasi ayah-anak yang akrab secara alami, di bawah kedua aktor ini dialog-dialog yang bergaya bahasa resmi dapat terucap dengan cocok tanpa membuat benak kita sebagai penonton terganggu.

Selain itu, aktor muda Umay Shahab menampilkan pula seberapa maju jam terbangnya sebagai aktor meski masih di usia muda, karakter yang dibawanya menjadi sangat hidup dan membuat kita terkagum-kagum akan ekspresi-ekspresi wajah yang ia suguhkan bersama dialog-dialog yang apik. Melihat penampilan Umay Shahab di sini membuat saya pribadi bersungguh-sungguh ingin memantau jalan karir keaktorannya di masa depan.

Diajak Merenung

Sejuta Sayang Untuknya (2020) Review - Cerita Galih Dea
Sangat menyenangkan menyaksikan adegan-adegan yang menyentuh emosi dan dialog-dialog reflektif ditampilkan film ini. Film ini berlimpah akan hal-hal yang membuat kita merenungkan kehidupan. Bagaimana tidak, film ini membawa cerita dengan isu bertabrakkannya idealisme seorang yang berprofesi sebagai aktor di usia tua pada fakta-fakta keuangan dalam rumah tangga, kita diajak bertanya apakah passion cukup untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga di masa tua kelak.

Selain itu kita juga diajak berpikir, bagaimana ekspektasi seorang anak terbangun melihat orangtuanya. Ada masa di mana anak tak ingin melihat orangtuanya bersusah-payah dan mengahadapi momen-momen berat hanya demi mencukupi kebutuhan anaknya. Di sini, semua hal-hal pribadi yang jarang didiskusikan dalam keluarga (khususnya di kultur Asia), betul-betul ditampilkan dan membuat kita memikirkan keluarga kita sendiri.

Direkomendasikan

Review: Sejuta Sayang Untuknya (2020) - Amir at the Movies
Teman-teman, sebelum pandemi terjadi, industri film Indonesia tengah berjalan menuju puncaknya, terhitung dari tingginya minat penonton untuk menyaksikan film-film lokal. Walau secara umum bioskop belum bisa berfungsi normal, saya sangat merekomendasikan film Sejuta Sayang Untuknya untuk ditonton secara online, dengan menonton film-film lokal bagus seperti ini adalah suplemen bagi kita untuk tetap percaya film-film dalam negeri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here