1. Jika Sesuatu Terasa Salah, Maka Jangan Lakukan

    Ketika ada sesuatu yang salah, berapa kali kamu mengesampingkannya dan mengabaikannya? Atau seberapa sering kamu merasa seharusnya kamu mengambil risiko atau membuat langkah besar, tetapi kamu malah menahan diri sampai kamu mempunyai persetujuan dari orang lain?

    Mooda-Moodi di sini ada untuk mengingatkan kamu dengan lembut, bahwa jika ada sesuatu yang terasa salah, itu adalah pertanda yang benar. Jika kamu tahu bahwa kamu tidak seharusnya diperlakukan dengan buruk, kamu benar. Kamu tidak salah merasakan itu semua.

  2. Katakan Dengan Jelas Apa yang Kamu Inginkan

    Mooda-Moodi ajak kamu berpikir bahwa mengatakan apa yang kamu maksud dengan jelas dapat bermanfaat bagi hidup kamu dalam banyak situasi. Menjadi jelas dalam komunikasimu dan mengatakan apa yang kamu maksud, mau, dan butuhkan tidak hanya akan membuat hidup kamu lebih mudah tetapi juga kehidupan orang-orang di sekitar kamu.

  3. Jangan Mencoba Untuk Memuaskan Orang Lain

    Kalau kamu masih mencoba untuk memuaskan orang lain, cobalah untuk berhenti. sebab apapun alasanmu untuk melakukan itu, kamu betul-betul tidak akan pernah memuaskan orang lain.

  4. Percaya Pada Insting Kamu

    Naluri atau intuisi adalah pemahaman langsung kamu tentang sesuatu; tidak perlu banyak berpikir atau mencari pendapat lain, kamu akan tahu begitu saja. Karena perasaan itu sangat pribadi, tidak ada orang lain yang dapat mempertimbangkan saran yang tepat untukmu. Mendengarkan intuisi membantu kamu menghindari hubungan dan situasi yang tidak sehat. Sepanjang hidup kamu, banyak orang akan memiliki ide tentang apa yang terbaik untuk kamu, mungkin beberapa dari mereka punya niat baik dan beberapa lagi punya niat yang manipulatif, berbahaya, dan egois.

  5. Jangan Bicara Buruk Tentang Dirimu Sendiri

    Jika apa yang dikatakan orang lain tentang kita dapat memengaruhi kita, apa yang kita katakan atau yakini tentang diri kita sendiri benar-benar dapat memengaruhi diri kita pula.

    Mungkin kamu berpikir bahwa kita tidak dapat mengontrol tantangan apa yang kita dapatkan dalam hidup. Mooda-Moodi setuju dengan itu, tapi cara kita memandang hidup akan sangat mempengaruhi cara kita memilih untuk menghadapi perjuangan kita.
    Jika kamu hanya menunggu masalah berikutnya muncul, kamu hanya akan melihat sedikit solusi dan banyak masalah. Sebaliknya, jika kamu terus mencari solusi, maka kamu akan menemukan solusi sesungguhnya.

  6. Jangan Menyerah Pada Mimpi-Mimpi Kamu

    Jika kamu menyerah pada impianmu, kamu mungkin tidak akan bahagia dan sering mengeluh tentang kehidupan dan lingkunganmu. Kelak nanti, kamu mungkin akan merasa bahwa hidup bisa berbeda jika kamu tidak menyerah

    Jika kamu menyerah pada impianmu, kamu tidak akan menjalani kehidupan unik yang kamu inginkan ketika kamu masih muda. Jika anak-anak dibolehkan untuk bermimpi, orang dewasa juga dapat bermimpi, tidak peduli apa yang dikatakan orang lain.

  7. Jangan Takut Untuk Berkata Tidak

    Kita harus menyadari bahwa kita takut berkata tidak karena ketakutan terbesar kita adalah penolakan. Kita takut setiap kali kita melakukan hal-hal tertentu maka kita akan mengecewakan orang lain, membuat mereka marah, menyakiti perasaan mereka, atau terlihat tidak baik. Kita memiliki itu hanya dalam pikiran kita sendiri, itu semua membuat orang berpikir negatif tentang diri kita. Ketika mereka mengatakan apa yang mereka pikirkan tentang kita, dengan terbuka atau tidak, itu tidaklah masalah.

    Ini bukan hanya tantangan yang ‘kita’ hadapi, tetapi tantangan yang banyak orang lalui setiap hari.

  8. Relakan Hal-Hal yang Tidak Bisa Kamu Kontrol

    Seringkali sulit untuk tidak mempedulikan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan. Apakah itu masalah jodohmu  atau seperti apa cuaca di penerbanganmu dan sebagainya. Masalahnya adalah, memedulikan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan menggerus banyak waktumu, menghabiskan energimu, dan menghalangi kamu dari mengerjakan hal-hal yang lebih dapat kamu kendalikan. Untuk mengurangi stres dan mulai menjalani hidup yang lebih bahagia, kamu harus melepaskan dan berhenti memedulikan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here